Jumat, 16 Desember 2016

TATA CARA MAKAN DAN MINUM YANG BAIK DALAM ISLAM DAN SEHAT MENURUT KEDOKTERAN
sumber: disini

Dalam era modern ini ditemukan banyak sekali penyakit baru yang berbahaya. Kebanyakan dari penyakit itu ditimbulkan karena pola makan dan minum yang salah. Makan dan minum yang sering dianggap menjadi hal sepele, sebenarnya sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati ketika makan dan minum. Dari sini penulis memaparkan tata cara makan dan minum yang baik dalam islam dan sehat menurut kedokteran guna membantu pembaca untuk menjaga hidup sehat dan berkah.
Sebelum Makan dan Minum
1.  Pastikan Makanan dan Minuman  Halal dan Baik
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menikmati makanan yang halalan toyyiban , yang memiliki arti bahwa halal makanan itu sendiri serta halal dalam mendapatkannya, serta toyyiban yang artinya baik atau tidak mudarat terhadap yang mengkonsumsinya
2. Cuci Tangan
Mencuci tangan adalah salah satu cara untuk menghindari terinfeksi sejumlah penyakit yang berbahaya.
Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang tertidur sedang di kedua tangannya terdapat bekas gajih/lemak (karena tidak dicuci) dan ketika bangun pagi ia menderita suatu penyakit, maka hendaklah dia tidak menyalahkan kecuali dirinya sendiri.”
3. Berkumur
4. Membaca Basmalah
Diriwayatkan dari Umar bin Abi Salamah berkata :

كنتُ غُلاما في حجْرِ رسول الله -صلى الله عليه وسلم- ،وكانت يَدي تطيشُ في الصحفَة ، فقال لي رسول الله -صلى الله عليه وسلم- : ياغلامُ ، سَمَّ اللَّه ، وكلْ بيمينك ، وكلْ مما يلَيك

Artinya : “Ketika aku masih kecil dalam didikan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam, dan tanganku mengambil makanan dari segala sisi piring. maka berkata kepadaku Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam : Wahai anak, bacalah basmalah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah apa yang dekat darimu.” (HR Bukhori, Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah)
5. Berdo'a sebelum makan


Adab Ketika Makan
1. Makan dengan tangan kanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar